Thursday 2 May 2013

Problem solving



Pengertian Problem Solving
            Problem solving sama artinya dengan pemecahan masalah. Problem solving adalah suatu pendeketan dalam menghadapi masalah. Problem solving juga merupakan suatu prosedur yang didalamnya terdapat langkah-langkah yang harus diikuti dalam memcahkan sebuah masalah yang dihadapi seseorang sebagai perorangan pemimpin organisasi atau seseorang sebagai pemimpin organisasi atau anggota organisasi.
Pernahkah anda menghadapi masalah ? dapatkah anda mengemukakan contohnya ? apakah masalah yang anda hadapi masalah pribadi, sosial, belajar, atau karier ? bagaimanakah kebiasaan anda dalam menghadapi masalah yang pernah anda hadapi ? bagaimana pemecahannya ? atau langkah-langkah apa yang anda tempuh setiap masalah yang anda hadapi ? bagaimana hasilnya ?

Apa Itu Masalah ?
            Pengertian masalah atau problem yang dihadapi seseorang berbeda dengan orang lain. Pengertian masalah yang dihadapi oleh seseorang sarjana. Berbeda pula oleh seseorang sebagai pribadi dengan seseorang sebagai pemimpin/anggota organisasi.
            Masalah dapat digambarkan sebagai suatu keadaan (terlihat atau tidak terlihat). Dimana antara yang diharapkan dengan kenyataan tidak sesuai. Atau terdapat hambatan antara yang diinginkan dengan keadaan sebenarnya.
            Masalah berbeda dengan keluhan. Keluhan biasanya merupakan akibat dari masalah yang tidak jelas atau tidak teratasi/tidak terselesaikan. Keluhan yang dirasakan seseorang dapat dijajadikan pertanda seseorang sedang mengalami masalah yang tidak dikenali atau sebuah masalah yang tidak dipecahkan.    

Total Pageviews