Thursday 2 May 2013

Penggunaan warna


     

      Beberapa hal yang yang harus berkaitan dengan penggunaan warna :
            a.  Kombinasi warna yaitu cara menyusun atau memadukan dua warna atau lebih komposisi.
1.   Kombinasi  warna yang harmonis yaitu kombinasi antara warna-warna yang serumpun, yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna. Misalnya hijau tua dengan hijau muda. Kombinasi ini pun dinamakan sebagai monogramatik karena terjadi  pada warna yang sama tetapi dengan intensitas yang berbeda. Warna monogram dapat diperoleh dengan menambahkan hitam atau putih secara teratur.
2.      Kombinasi warna yang kontras yaitu kombinasi antara warna-warna yang berlawanan letaknya dalam lingkaran warna. Misalnya perpaduan antara warna hijau dan warna merah, perpaduan warna kuning dan warna ungu, perpaduan warna biru dan jingga. Kombinasi kontras juga terjadi dengan memadukan warna terang dan gelap.
3.   Kombinasi warna juga dapat terjadi pada warna-warna analog, yakni dua sampai tiga corak warna yang berdekatan letaknya dalam lingkaran warna. Misalnya warna biru-ungu-merah, biru-hijau-kuning, merah-jingga-kuning.
            b.  Warna netral, yakni putih, hitam, dan abu-abu yang secara teoritis tidak dimasukkan ke dalam warna.
            c.  Penggunaan warna, yakni untuk tujuan apakah warna tersebut digunakan dalam sebuah seni.
1.     Cara heraldis adalah penggunaan warna untuk keperluan perlambangan. Contohnya warna merah untuk menyatakan keberanian, kegembiraan, dan gairah yang membaca, putih melambangkan kesucian dan kesetiaan, hijau untuk melembangkan pertumbuhan dan kesejukan.
2.  Cara murni adalah penggunaan warna secara bebas. Misalnya seekor kuda dilukis dengan menggunakan warna ungu dan hijau, pohon-pohon berwarna biru atau ungu. Cara ini banyak digunakan sebagai unsur keindahan.
3.    Cara naturalis adalah penggunaan warna sesuai dengan keadaan aslinya yang terdapat pada alam. Misalnya warna daun adalah hijau, warna laut adalah biru, tanah adalah coklat, dan sebagainya.
Selain kombinasi dan penggunaan warna di atas, diperlukan juga pengetahuan tentang pengetahuan efek ruang atau efek terang dan gelap dalam warna. Warna-warna gelap biasanya dilakukan dengan menambahkan hitam secara beraturan pada warna, sedangkan efek pucat diperoleh dengan menambahkan secara beraturan putih ke dalam warna   

Total Pageviews