Wednesday 1 May 2013

Manfaat hutan


Fungsi dan manfaat hutan antara lain memberikan hasil, pencagaran flora dan fauna, pengendalian air tanah dan erosi, ameliorasi iklim. Jika hutan tersebut berada di dalam kota fungsi dan manfaat hutan antara lain menciptakan iklim mikro, arsitektual, estetika, modifikasi suhu, peresapan air hujan, perlindungan angin dan udara, pengendalian polusi udara, pengelolaan limbah dan memperkecil pantulan sinar matahari, pengendalian erosi tanah, mengurangi aliran permukaan, mengikat tanah. Kontruksi vegetasi dapat mengatur keseimbangan air dengan cara intersepsi, infiltrasi, evaporasi dan tranpirasi.


Menelaah fungsi penghijauan perkotaan dan fungsi hutan dapat dikatakan bahwa penghijauan perkotaan merupakan unsur dari hutan kota. Sedangkan hutan kota menurut Grey dan Denehe (1978) meliputi semua vegetasi berkayu di dalam lingkungan pemukiman, mulai dari kampung yang kecil sampai kota besar. Fukura dkk (1988) mengemukakan tentang  hutan kota, yaitu ruang terbuka yang ditumbuhi vegetasi berkayu di wilayah perkotaan yang memberikan manfaat lingkungan sebesr-besarnya kepada peduduk kota dalam kegunaan proteksi, estetika serta rekreasi khusus lainnya.

Sebagai konsekuennya tumbuhan sebagai produsen pertama dalam ekosistem dan mengingat fungsi hutan kota serta fungsi penghijauan perkotaan sangat tergantung kepada vegetasi yang digunakan maka tidak perlu lagi dipersoalkan luas lahan sebagai syarat hutan kota. Yang penting adalah jumlah keanekaragaman vegetasi yang ditanam di perkotaan sebanyak mungkin, dengan demikian penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota perlu ditingkatkan secara konseptual meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan dengan mempertimbangkan aspek estetika, pelestarian lingkungan dan fungsional. Pelaksanaan harus sesuai dengan perencanaan begitu pula pemeliharaan harus dilakukan secara terus menerus.

          Manfaat hutan :
  1.  Sebagai supliyer oksigen yang merupakan bahan baku utama untuk pernafasan manusia
  2.  Sebagai pencegah banjir
  3.  Sebagai penyejuk alam
  4.  Sebagai paru-paru dunia
  5.  Masih banyak lagi manfaat hutan bagi manusia yang lain
  6.  Menjaga sumber air tanah, akar-akar tanaman mencegah air hujan
  7.  Sumber kayu bagi kepentingan manusia, tetapi manusia harus tetap memperhitungkan kalau mau eksploitasi hutan
  8. Pencegah longsor, akar tanaman di daerah pegunungan bisa menghambat tanah yang mau jatuh akibat hujan deras
  9. Habitat sebagai binatang, secara tidak langsung bermanfaat bagi manusia     

Total Pageviews