Wednesday 1 May 2013

Bentuk-bentuk seni rupa


Dalam visualisasi seni rupa berwujud bentuk-bentuk yang dinikmati melalui indra penglihatan maka seni rupa disebut seni visual

                   1. Seni rupa dua dimensi
                         Seni yang dibatasi oleh panjang dan lebar saja yang diciptakan pada sebuah bidang datar. Disini jelas  bahwa karya seni hanya dapat dilihat dari depan saja. Hasil karya seni rupa dua di mensi antara lain :
a.       Seni lukis
Cabang seni rupa yang paling utama dikenal masyarakat, kehadirannya dapat dikatakan seni paling tua, seperti yang kita lihat pada lukisan masa lampau yang terdapat di gua-gua atau candi-candi, dalam perkembangannya hingga sekarang kita mengenal cabang-cabang seni lukis yaitu sketsa, gambar dan lukisan.
b.      Seni reklame
Seni reklame digunakan untuk menyerukan atau mengajurkan, menawarkan barang atau produk kepada masyarakat untuk membeli atau melakukan seperti produk yang direklamekan, dalam perwujudannya reklame terdiri dari reklame visual, reklame audio, dan reklame audio visual.
c.       Seni ilustrasi
Seni rupa ilustrasi digunakan untuk menjelaskan suatu cerita atau artikel dengan gambar-gambar, gambar dalam ilustrasi di samping mempunyai daya tarik juga harus jelas, sederhana, mudah dipahami sehingga dapat mewakili isi cerita yang dikandung di dalamnya, dalam seni ilustrasi menurut jenis artikel yang disajikan dibagi menjadi beberapa ilustrasi yaitu ilustrasi cerita, ilustrasi artikel, ilustrasi cover, karikatur, vignet.
d.      Ornamen
Hiasan yang dibuat (dengan digambar, dipahat maupun dicetak) untuk mendukung meningkatkan kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni, ornamen sering kali dihubungkan dengan berbagai corak dan ragam hias yang ada.
e.       Seni grafis
Lahirnya seni ini dibuat dalam usaha memperbanyak hasil dengan model yang sama, tetapi tidak semua cetakan yang pembuatannya dikerjakan lewat proses tangan.

2. Seni rupa tiga dimensi

a.       Seni patung
Sebuah karya tiga dimensi yang pembuatannya dengan cara membentuk menambah atau mengurangi bahan.
b.      Seni kriya
Merupakan seni yang proses penciptaannya memerlukan ketrampilan yang tinggi, pada contohnya seni anyam, seni ukir, seni keramik, kerajinan kulit dan kerajinan logam. Pada masa sekarang proses pembuatannya tidak hanya ditangani saja, tetapi juga melibatkan seniman yang disebut seniman pengrajin.
c.       Seni dekorasi
Seni dekorasi digunakan untuk menghias agar tampak artistik.

Total Pageviews